Jumat, 20 November 2015

5 Tips Aman Saat Solo Traveling

Always Be Safe <3
Keamanan pasti merupakan concern utama orang-orang terdekat kita ketika hendak berpergian apalagi sendiri dan ke tempat yang jauh. Berita tentang kejahatan yang setiap hari muncul di media massa pasti sedikit banyak membuat orang-orang terdekat kita khawatir. Faktanya kejahatan bisa terjadi dimana saja bahkan ketika kita hanya berdiam diri di rumah. Saya pribadi masih selalu deg-deg an dan nervous kalau bepergian ke tempat baru. Rasa deg-deg an dan nervous itu seharusnya tidak menghalangi aktivitas kita namun justru membuat kita bisa lebih waspada dan berhati-hati.

Berikut 5 tips aman saat solo-traveling ala the green passport :)

1.       Bawa Gembok
Barang kecil tapi banyak banget gunanya. Pertama buat ngunci loker di hostel. Barang penting kayak passport, hard disk atau laptop (kalau bawa) sebaiknya di tinggal di loker hostel saja. Bawa barang yang perlu saja kalau mau jalan-jalan jarak dekat atau one day trip karena selain berat juga bahaya. Oia uang juga jangan di bawa semua karena kalau amit-amit kehilangan masih punya cadangan di loker.

Kedua buat ngunci backpack saat perjalanan jauh naik transportasi umum. Saat naik bus misalnya kita harus taruh backpack di bagasi bagian bawah. Kita tidak boleh bawa backpack yang besar itu ke tempat duduk di kabin. Nah jika backpack kita berisi barang berharga jangan lupa di gembok yaa. Kalau saya sih biasanya memilih untuk bawa dua tas. Satu tas besar berisi pakaian, toiletries, dan barang-barang tidak berharga lainnya. Satu tas kecil berisi barang berharga yang boleh di bawa masuk ke tempat duduk di kabin.

2.       Buat Dummy Pocket
Saya dapat tips ini dari teman yang pernah kena todong di Amsterdam dan berhasil selamat karena dummy pocket ini. Dummy pocket adalah dompet tiruan. Maksudnya dompet asli tapi berisi uang notasi kecil dan kartu kredit/debit yang sudah tidak digunakan lagi. Nah, untuk uang notasi besar dan kartu yang asli silahkan di taruh di tas pinggang di balik baju. Jika kita suatu saat berada di posisi sulit dan menjadi korban penodongan berikan saja dummy pocket ini. Semoga dengan dummy pocket penodong akan langsung lari pergi karena sudah mendapatkan apa yang diinginkan. Beruntung saya belum pernah menggunakannya dan jangan sampai yaa! Tapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri menghadapi posisi sulit kan? Saya jadi berpikir untuk buat dummy handphone juga.

3.       Siap Sedia Peluit
Peluit ini untuk menarik perhatian. Kadang saat dalam beberapa keadaan kita seperti kehabisan tenaga untuk berteriak. Nah inilah fungsinya peluit! Selain itu jika dalam bencana atau kondisi lemah kita bisa menggunakan peluit untuk mencari pertolongan. Taruh peluit dekat dengan jangkauan kita. Bisa taruh di backpack sebagai gantungan kunci atau taruh di tas pinggang.

4.       Copy Document
Copy document penting seperti passport, KTP, dan boarding pass supaya jika yang asli hilang kita masih bisa menunjukkannya sebagai bukti kepemilikan. Selain hardcopy biasanya saya juga akan menyimpan semua copy document penting tersebut dalam bentuk softcopy. Scan passport, KTP, dan dokumen penting lain yang sekiranya perlu backup lalu simpan dalam flashdisk.

5.       Kreasikan Pepper Spray-mu!
Saya tidak yakin apakah sanggup untuk menyemprotkan pepper spray kepada orang yang bermaksud jahat. Liat orang dijambret aja udah gemeteran luar biasa. Pasti langsung blank kalau hal semacam itu terjadi pada diri sendiri. Tapi saya selalu bawa untuk berjaga-jaga saja. Oia lupa yang saya punya bukan pepper spray standar tapi homemade kreasi sendiri. Bikin dari minyak kayu putih ditambah bubuk cabe terus masukin botol spray deh. Pernah nyoba semprot di tangan rasanya lumayan panas. Kalau kalian mau beli pepper spray yang standar sudah banyak yang jual di toko online.  


Mungkin 5 tips diatas terlihat ribet dan tidak penting tapi percayalah kejadian buruk bisa saja datang tanpa diduga-duga. Kita tidak perlu takut untuk melakukan perjalanan. Kita hanya perlu mempersiapkan perjalanan tersebut dengan baik. Dan ketika kejadian buruk tersebut sewaktu-waktu menimpa kita sudah siap untuk menghadapinya. Always be safe people! Lots love <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...