Minggu, 27 September 2015

Kibinai : Jajanan Khas Lithuania Yang Mirip Pastel

Kibinai jajanan khas Lithuania
Waktu posting foto Kibinai pertama kali di Instagram banyak teman-teman yang komentar kalau jajanan ini mirip pastel. Sekilas penampilannya memang mirip pastel sih tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan. 

Kibinai punya kulit yang agak tebal mirip roti sedangkan pastel kulitnya renyah tipis. Ukuran Kibinai juga relatif lebih besar jika dibandingkan dengan pastel. Isi Kibinai umumnya adalah campuran mutton (daging domba) yang dimasak pakai bawang bombai namun karena mutton susah dicari jadi sering diganti daging babi. 

Saya sempat mencicipi Kibinai versi yang vegan. Isi Kibinai diganti dengan jamur dan kentang yang dimasak pakai bawang bombai. For your info : masyarakat Lithuania itu fanatik kentang karena banyak banget masakan tradisionalnya pakai bahan dasar kentang.

Oia Kibinai adalah jajanan yang lazim banget kita temui di Lithuania. Di Vilnius (ibukota Lithuania) penjual Kibinai ada di food truck pinggir jalan sampai di supermarket. Namun kata teman saya orang asli Lithuania kalau mau mencoba Kibinai dengan rasa yang otentik harus makan di daerah Trakai.

Trakai adalah daerah di Lithuania yang terkenal dengan kastil yang berada di tengah danau. Nah, saya sempet ikut trip yang diadain kampus khusus ke Trakai untuk sekalian mencoba Kibinai ini. Rasanya gimana? Ternyata rasanya mirip dengan pastel namun lebih lembut dan tidak ada sensasi crunchy pastel.

Saya dan Hang nyobain makan siang pakai Kibinai
Isi Kibinai vegan : kentang, jamur, bawang bombai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...