Selasa, 22 September 2015

5 Tips Liburan Hemat Di Yunani

Athens, Greece.
Liburan di Yunani identik dengan island hopping menggunakan cruise yang mahal. Namun bukan berarti para pelancong berkantong tipis yang cuma mahasiswa seperti saya tidak bisa menikmati indahnya negeri di kawasan Mediterania ini. Kita hanya harus melakukan research dan mencari banyak-banyak informasi tentang lokasi tujuan agar dapat berhemat. Banyak kok tempat wisata atau tour yang free asal mau mencari.

Berikut ada 5 tips agar liburan di Yunani jadi lebih hemat :

1.    Bawa Kartu ISIC

Status sebagai pelajar/mahasiswa akan sangat menguntungkan jika kalian traveling khususnya di kawasan Eropa. Biasanya pelajar/mahasiswa akan dapat harga lebih murah untuk masuk objek wisata dan beli tiket transportasi.

Saya sangat beruntung karena mempunyai kartu ISIC (International Student Identity Card) dan terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu universitas di kawasan Eropa (exchange student).

Ketika mau beli tiket buat masuk Acropolis, saya ditanya oleh petugas apakah masih pelajar/mahasiswa. Saya lalu menunjukan ISIC sambil membayar. Petugas tiket mengembalikan uang saya sambil bilang “It’s FREE for students to enter Acropolis and 6 others archeological sites!” HORE!! Saya senang dan kaget karena biasanya cuma dapat diskon bukan 100% free.

Selain gratis masuk Acropolis, pelajar/mahasiswa juga bisa gratis masuk ke Ancient Agora, Theater Of Dionysius, Roman Agora, Kerameikos, Temple Of Olympian Zeus, dan Hadrian Library. Lumayan banget bisa hemat belasan euro. Saya tidak keluar uang sepeserpun untuk masuk objek wisata di Atena.

2.    Hindari Musim Panas

Yunani akan sangat rame kalau musim panas apalagi kawasan selatan yang banyak pulaunya. Wisatawan akan rame-rame ke pulau-pulau seperti Santorini, Mykonos, Zakynthos untuk party. Kawasan tersebut jadi hyped banget dan harga-harga pun ikutan melambung berkali lipat harga normal.

Jangan heran kalau penginapan di sana punya dua pricelist yang berbeda untuk musim panas dan saat biasa. Hostel pun menerapkan sistem yang sama.

Kalau nggak doyan party banget akan lebih hemat kalau ke Santorini tidak saat musim panas. Pilihlah saat musim semi atau gugur. Saya kemarin ke Santorini bulan Januari yang harusnya musim dingin namun temparatur disana masih hangat sekitar 17 derajat. Matahari masih bersinar cerah, langit biru berawan putih, masih dapat sunset yang spektakuler plus bonus suasana yang tenang dan damai.

3.    Semakin Lambat Semakin Murah

Pilihan moda transportasi sangat berpengaruh terhadap total pengeluaran. Ikutilah prinsip “semakin lambat semakin murah” dalam memilih moda transportasi.

Misalnya saya dari Athena ke Santorini lebih pilih naik ferry daripada pesawat. Memang sih waktu tempuh akan lebih lama tapi dijamin nggak akan rugi kok. Sepanjang perjalanan kita bisa lihat kepulauan Yunani yang eksotis dipadu bangunan dengan arsitektur khas berwarna putih biru.

Contoh lain saya dari Fira ke Oia di Santorini lebih pilih naik bus daripada taksi. Walaupun nunggu bus nya lama tapi bisa ngobrol dan ketemu banyak teman kalau naik bus.

Menurut saya traveling bukan sekedar tempat tujuannya namun juga perjalanannya. Saya sangat menikmati perjalanan  8 jam naik ferry membelah laut Aegean. Saya senang mengambil gambar gereja putih diatas pulau kecil tak berpenghuni. Saya menikmati angin di dek ferry dan melihat kincir angin berputar di kejauhan. Sesuatu yang tidak saya dapatkan ketika naik pesawat.

Namun semua kembali ke pribadi masing-masing dan kebutuhan kita.
Pemandangan pulau yang kita lewati saat naik kapal ferry
4.    Ikut Free Walking Tour

Free Walking Tour sekarang sudah sangat menjamur terutama di kota-kota besar di Eropa. Saya pernah mengikuti tur jalan kaki gratis ini di beberapa negara termasuk di Athena, Yunani.

Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara mengikuti tur jalan kaki gratis ini? Jawabannya adalah jangan malas browsing! Ketik saja di browser : Athens free walking tour dan akan muncul banyak pilihan website. Cari informasi jadwal dan tempat kumpul tur ini melalui website tersebut. Ada tur yang bisa langsung datang atau harus registrasi dulu karena peserta dibatasi. Intinya jangan malas browsing yaa!

Tur ini semacam city tour yang biasanya dipandu satu orang guide yang menjelaskan tempat-tempat bersejarah di sekitar Athena. Tur ini gratis tis tis namun di akhir tur ini peserta dapat memberi tip kepada guide seiklashnya kok guys! 

5.    Makan Kebab Yunani

Makanan merupakan pos pengeluaran yang cukup besar saat traveling. Untungnya saya bukan orang yang rewel urusan makanan. Agar dapat berhemat banyak teman saya yang masak di hostel tapi biasanya saya memilih beli street food karena males ribet.

Khusus di Yunani ada yang namanya Greek Kebab – mungkin bangsa Turki Ottoman dulu yang membawa pengaruh hingga kesini. Saat di Athena tempat makan favorit saya adalah kedai pinggir jalan yang menjual Greek Kebab seharga hanya 1 euro. Letaknya persis di luar stasiun Metro Monastiraki.

Kebab bisa dijadikan pilihan jika ingin sangat berhemat. Namun jika bosan ada satu rekomendasi tempat makan lain di Yunani. Restaurant makanan cepat saji lokal bernama Goody’s. Burgernya sangat juicy dan kentangnya sangat tasty serta menurutku rasanya jauuuuh lebih enak dari restaurant cepat saji yang sudah terkenal. 

Burger & kentang Goody's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...